Tuesday, September 21, 2010

Tes NIKKOR 35-105mm/3.5-4.5 Macro

Dini hari ini dapet kesempatan buat tes lensa NIKKOR 35-105mm/3.3-4.5 Macro. Lensa ini lensa pinjeman temen kantor, rencana mau dijual, kebetulan dipercaya buat motret untuk foto atau gambaran bentuk lensanya.
Kondisi lensa second, termasuk lensa lama. Kelengkapan lensa cuma lensa + front cap. Diameter front lens 52mm, dengan kondisi lensa bening dan bodi mulus tanpa bekas geresan.
Lensa ini termasuk lensa push pull, artinya lensa yang kalau mau zooming, lensa mesti didorong. Sedangkan fungsi makro pada lensa ini hanya pada fokal lensa 35mm.
Tes penggunaan lensa dilakukan secara indoor di dalam kamar, objeknyapun seadanya.
Kenampakan lensa adalah seperti ini..





Beberapa hasil foto menggunakan lensa NIKKOR 35-105mm/3.5-4.5..
Setting lensa Macro 35mm, bukaan Fnumber 1/3.5
Fokal 105mm, bukaan Fnumber 1/4.5

Fokal 35mm, bukaan Fnumber 1/3.5
Dilihat dari hasil fotonya, lensa ini bisa dibilang cukup tajam, terutama pada makro difokal 35mm. Foto-foto diatas adalah foto-foto dengan tone level & contras asli, tanpa dilakukan editing. Edit hanya dilakukan untuk merubah ukuran foto menjadi 800 pixel. Dari foto-foto diatas yang diambil dengan settingan indoor dan peralatan seadanya, kita dapat menyimpulkan sendiri, apakah lensa ini termasuk lensa bagus atau tidak. Buat saya pribadi, lensa ini adalah lensa medium tele yang memiliki kualitas yang cukup bagus, selain rentang fokal yang cukup panjang (35-105mm), lensa ini juga memiliki fungsi makro yang cukup tajam. Untuk lebih meyakinkan lagi suatu saat ada baiknya diuji di outdoor untuk pemotretan natural & makro objek, insyAllah hasilnya cukup memuaskan.

No comments:

Post a Comment