Thursday, September 30, 2010

Belajar Landscape

Fotografi landscape, salah satu jenis fotografi yang paling banyak diminati, selain hasil fotonya yang bagus, proses pemotretannya pun bikin fresh pikiran. Menurut informasi di blog dan beberapa forum fotografi, untuk mendapatkan foto landscape yang bagus perlu memperhatikan banyak hal, diantaranya waktu pengambilan, peralatan atau kelengkapan yang dibawa saat pemotretan landscape, selain itu ada penguasaan teknik, komposisi dan banyak lagi yang lainnya.

Pemotretan landscape identik dengan pemotretan outdoor dimana matahari adalah satu-satunya sumber cahaya. Untuk mendapatkan foto landscape yang bagus kita mesti mengetahui kapan saat yang tepat untuk mengambil foto, hal ini bertujuan agar cahaya matahari tidak terlalu berlebih atau kurang. Apabila cahaya matahari terlalu berlebihan, maka foto yang dihasilkan akan over eksposure, sedangkan kalau cahaya matahari kurang, maka foto akan bersifat under, foto akan cenderung gelap. Banyak yang merekomendasikan untuk melakukan pemotretan di antara jam 05.00 subuh sampai jam 09.00; dan pemotretan pukul 16.00 sampai 18.30, diantara waktu-waktu itu terdapat saat- saat dimana kita akan menikmati momment golden hours dan blue hours. Kesabaran dan kesiapan diri terkait dengan teknis dan non teknis pemotretan, sangat dibutuhkan pada saat pemotretan landsecape


Secara teknis pemotretan landscape membutuhkan lensa sekurang-kurangnya memiliki rentang 28mm atau lebih baik lagi kurang dari 15mm. Hal ini dengan maksud untuk memperoleh bidang yang luas. Pada saat pemotretan bukaan lensa diset pada bukaan yang kecil, hal ini dengan tujuan agar mendapatkan bidang fokus yang luas dan merata, umumnya yang dipake adalah bukaan F8, F11 dan F22.

Penggunaan tripod pada pemotretan landscape juga bisa dibilang wajib agar bisa memperoleh foto yang tajam dan fokus secara maksimal. Bukaan lensa yang kecil akan menuntut kecepatan rana yang rendah untuk bisa menangkap cahaya secara optimal, pada saat seperti inilah tripod bisa dianggap wajib. Walaupun untuk sebagian orang menganggap penggunaan tripod ribet, belum lagi alesan kenyamanan dan berat tripod yag mesti dibawa pada saat pemotretan yang membuat sebagian orang berasa malas untuk menggunakan tripod.

Permainan komposisi juga perlu diketahui dalam pemotretan landscape, hal ini penting untuk bisa menuangkan maksud pemotretan agar bisa sampai ke penikmat foto yang lainnya.
dalam satu aturan komposisi yang paling banyak digunakan adalah pembagian bidang fokus didalam foto. Umumnya pembagian dibagi menjadi 3 bagian. Apabila kita berhadapan dengan hamparan langit yang indah 2/3 bidang foto bisa diisi dengan subject langit untukmemberikan kesan indah dan dramatis pada fotokita. Atau sebaliknya apabila langit dirasa kurang indah, maka 2/3 bagian disi dengan bidang daratan, dan 1/3 sisanya berupa subject langit.

Foto-foto diatas adalah beberapa hasil pemotretan landscape, kebanyakan diambil di Baturraden, kecuali foto pertama yang saya ambil di daerah Bumiayu ditengah-tengah kemacetan mudik lebaran kemaren.
Mungkin masih kurang bagus hasilnya, maklum baru belajar..:)

1 comment:

  1. link imagesny mati ya om ?? kok gak muncul dari tempat saia ?? .. :hue3:

    ReplyDelete