Thursday, September 30, 2010

Pesona Setu Babakan - Jagakarsa Jaksel

Setu babakan, salah satu objek wisata alam yang ada didaerah Jakarta Selatan, daerah ini merupakan kawasan wisata budaya betawi. Komplek setu babakan merupakan perkampungan adat betawi dimana warganya masih mempertahankan budaya dan adat betawi dalam kesehariannya. Salah satunya adalah arsitektur bangunan betawi. Sayang hunting foto kali ini lebih terfokus pada pemotretan Setu dan aktifitas warga di seiktarnya. Niatnya pingin latihan motret landscape jadi ngga kepikiran buat motret bangunannya, jadi saat ini tidak dibahas tentang budaya ataupun konsep bangunannya, mungkin lain waktu.

Hunting foto di Setu babakan dilakukan beberapa kali, pertama bareng sama istri, yang kedua dan beberapa kali berikutnya bareng sama temen kantor. Foto diatas adalah hasil jepretan istri menggunakan kamera pocket andalannya, Kodak Easy Share C190 menggunakan mode panorama 2 image. Ngga nyangka, ternyata istriku jago juga..:)
Setu babakan  pada pagi hari lumayan sepi, apa lagi saat pertama kali kesana pas lagi bulan puasa dan bukan hari libur juga. Menjala ikan adalah salah satu rutinitas warga disekitar Setu, biasanya mereka mulai menjala pukul 06.30, rakit yang digunakan sangat sederhana, hanya dari sederetan bambu yang diikat rapi, bahkan ada beberapa diantaranya sudah lapuk dan teronggok di tepi setu.

Taaget utama hunting di Setu Babakan sebenernya adalah pemotretan sunrise buat fotografi landscape, tapi kesana selalu telat (red:kesiangan) padahal perjalanan cuma 10 menit dari rumah di daerah ragunan. Selain itu munculnya matahari terhalam pepohonan dan beberapa bangunan yang ada di sisi timur setu, jadi sedikit kurang maksimal. Untung muncul bapak-bapak tukang jala, jadi lumayan sekalian buat belajar motret Human Interest. Benar-benar menguji kesabaran buat dapetin moment terbukanya jaring dengan sempurna, beberapa kali telat atau terlalu cepat jadi jaring hanya terbuka sebagian. Kalaupun sudah dapet moment yang bagus, pencahayaan kurang optimal, hal ini karena sudut pengambilan foto yang berlawanan arah dengan matahari, sehingga subject utamanya justru terlihat lebih gelap seperti foto diatas.
Selain belajar pemotretan landscape sama human interest, disini juga bisa dimanfaatin buat belajar bermain dengan refleksi. Birunya langit yang ter'refleksi di permukaan setu bisa menghasilkan komposisi foto yang menarik.
Beberapa objek yang terapung di setu juga bisa dimanfaatkan sebagai pelengkap untuk menghidupkan konsep refleksinya. Seperti beberapa foto yang ada disini.





Aku yakin, foto-foto disini belum mencapai hasil yang maksimal, mungkin terlalu banyak kekurangan disini sananya, maklum namanya juga belajar..:)

1 comment:

  1. saya boleh minta ijin untuk pakai potonya yang kedua dari atas ga? untuk bahan riset saya tentang perbaikan citra.terima kasih.

    ReplyDelete