Wednesday, October 3, 2012

Light Trails Fotografi Menggunakan Kamera Ponsel

Siapa yang tidak berminat menghasilkan foto-foto menarik yang biasa dihasilkan kamera kamera mahal sekelas DSLR, tapi hanya dengan menggunakan kamera ponsel.

Light trails adalah salah satu foto berjenis slow speed yang akan menghasilkan foto-foto malam dengan efek cahaya yang cantik dan luar biasa.

Berikut beberapa contoh foto-foto bertema Light Trails hasil jepretan DSLR (sebagai perbandingan sebelum melihat hasil jepretan kamera ponsel )

Jembatan AMPERA - Palembang
Nikon D200 | Nikkor AF-S 18-70

Jalan Soedirman - Palembang
Nikon D200 | Nikkor AF-S 18-70

Jalan Soedirman - Palembang
Nikon D200 | Nikkor AF-S 18-70

Bundaran Citra Raya - Tangerang
Nikon D80 | Nikkor AF-S 18-55
Foto - foto diatas diambil menggunakan kamera DSLR Nikon D80 dan Nikon D200. Semuanya menggunakan teknik slow shooter ( Speed 1/4s - 1/10s )dengan bukaan diafragma kecil (F 1/10 - F 1/16), ISO yang digunakan dipilih mulai dari ISO 400-800, tidak berani lebih dari itu soalnya bakal banyak noise.

Sedangkan berikut adalah foto-foto light trails hasil jepretan kamera ponsel :
Soedirman - Jakarta | View dari jembatan Tosari
iphone 4 | Top Camera app


Bundaran HI - Jakarta
iphone 4 | Top Camera app

Bundaran HI - Jakarta
iphone 4 | Top Camera app | edit via FilterStrom for iphone

Bundaran HI - Jakarta
iphone 4 | Top Camera app

Thamrin - Jakarta | View dari jembatan busway HI
iphone 4 | Top Camera app

Foto-Foto diatas diambil menggunakan kamera Iphone 4, dengan aplikasi kamera Top Camera app.
Top Camera app adalah satu dari sekian banyak pilihan aplikasi kamera yang bisa digunakan untuk motret foto bertema light trail, mengingat tidak semua applikasi kamera bisa motret ight trail.
Sarat utama adalah support setting speed atau time shooter secara manual atau expert setting, karena dibutuhkan shooter rendah untuk menghasilkan foto light trails.

Selain dukungan aplikasi, hal yang tidak kalah penting adalah tripod, hal ini penting untuk menjaga goncangan mengingat dengan shooter lambat akan mengakibatkan resiko foto goyang atau blur.

Berikut tripod yang saya pake untuk menyangga ponsel yang saya gunakan untuk motret light trail :

Tripod hasil modifikasi sendiri, menyesuaikan dengan ponsel saya yang tidak memiliki dudukan atau lobang untuk dipasang tripod. Secara umum ini adalah gabungan dari mini gorilapod untuk kamera pocket dikombinasi dengan device holder yang biasa dipasang di mobil (ditempel di kaca), untuk lebih detailnya akan di ulas di sesi lain untuk alternatif membuat tripod untuk kamera ponsel.

Semoga bisa menjadi inspirasi, karena dalam fotografi tidak ada batasan alat ataupun cara yang mesti kita lakukan untuk bermain main dengan cahaya untuk menghasilkan karya visual yang disebut foto.

Pesan saya, bawa selalu ponsel berkamera anda kemanapun anda pergi, karena moment indah ada dimana saja, dan akan menjadi kebanggan tersendiri saat kita bisa mengabadikanya menggunakan kamera ponsel.



Dedikasi dan inspirasi untuk temen temen coferONE (Fotografi Kamera Phone / Mobile Phone Photography Community Indonesia)


1 comment:

  1. Info yang sangat Bermanfaat , terima kasih.


    Jual Lensa Fish Eye Wide Angle 180 degree untuk semua jenis HP, Smartphone, iPhone, Blackberry,dll

    Hanya Rp. 100.000,- Kunjungi Apelberi.com

    ReplyDelete