Sunday, November 28, 2010

Tari Topeng Cirebon

Lama ngga update di blog ini..kebetulan dari beberapa minggu ini menyibukan diri bolak balik Jakarta-Jatiwangi buat nengokin Raisha, malaikat kecil kami yang baru genap berumur 3 minggu.

Mencoba mengangkat salah satu budaya nusantara, Topeng Cirebon, kali ini mencoba berbagi hasil searching di wikipedia tentang tari topeng Cirebon.


Topeng Cirebon  adalah topeng yang terbuat dari kayu yang cukup lunak dan mudah dibentuk namun tetap dibutuhkan ketekunan, ketelitian yang tepat, serta membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam proses pembuatannya. Bahkan seorang pengrajin yang sudah ahli pun untuk membuat satu topeng membutuhkan waktu hingga satu hari. Kayu yang biasa digunakan adalah kayu jarang. Topeng ini biasanya digunakan untuk kesenian tari topeng Cirebon.


Cara Pembuatan

Langkah-langkah pembuatan topeng Cirebon adalah sebagai berikut:

  1.  Kayu gelondongan dibentuk segitiga dan dihaluskan permukaannya
  2.  Mulai dipahat sedikit demi sedikit terutama untuk peletakan bagian-bagian wajah seperti mata, pipi, dan bibir. Bagian hidung harus lebih timbul dari bagian lainnya
  3.  Setiap permukaan wajah mulai dibentuk dengan menggunakan pahat
  4.  Setelah cukup rapi, seluruh permukaan wajah diolesi cat dasar, kemudian diamplas.
  5.  Setelah cat kering, mulailah wajah topeng itu didandani dengan menggunakan cat warna. Tentu saja disesuaikan dengan jenis topengnya.

Jenis Topeng

Semua jenis topeng ini akan dikenakan pada saat pementasan tari topeng Cirebonan yang diiringi dengan gamelan. Topeng Cirebon yang paling pokok ada lima yang disebut juga Topeng Panca Wanda :

  •   Panji, wajahnya yang putih bersih melambangkan kesucian bayi yang baru lahir
  •   Samba (Pamindo), topeng anak-anak yang berwajah ceria, lucu, dan lincah
  •   Rumyang, wajahnya menggambarkan seorang remaja
  •   Patih (Tumenggung), topeng ini menggambarkan orang dewasa yang berwajah tegas, berkepribadian, serta bertanggung jawab
  •   Kelana (Rahwana), topeng yang menggambarkan seseorang yang sedang marah

Menurut Hasan Nawi, salah seorang pengrajin topeng Cirebon dalam kehidupan sehari-hari setiap manusia seperti mengenakan topeng, misalnya saja pada saat marah seperti sudah mengganti topeng berwajah ceria dengan topeng kemarahan. Kalau ada orang dewasa yang sikapnya kekanak-kanakan maka ia seperti sedang mengganti topeng dewasanya dengan topeng anak-anak

sumber : id.wikipedia.org

1 comment: