Tuesday, November 2, 2010

Point 1xxx di FN

Bersepeda
Alhamdulillah.hari ini point member ku di Fotografer Net (FN) dah empat digit...walaupun mungkin ini ngga berarti banyak buat kebanyakan orang, tapi ini memberi angin dan semangat lagi buatku di proses belajar fotografi sampai saat ini. Foto diatas adalah salah satu foto kebanggan yang pernah diposting di FN, soalnya diambil pake si "merah" Kodak EasyShare C190, kamera poket yang menjadi awal semangatku buat belajar fotografi.

Terdaftar menjadi FN'ers (member FN) sejak 10 mei 2010, total foto yang ter'upload 34 foto sampai postingan ini dibuat. FN merupakan salah satu situs club fotografi online dari sekian banyak situs-situs yang sejenis, disini menjadi tempat buat orang-orang yang minat dengan dunia fotografi. Fasiitas kanggotaan dibuat rapih dah semuanya melewati proses verifikasi setelah beberapa hari terdaftar sebagai member, hal ini dengan maksud memastikan status dan keberadaan anggota, dipastikan sesuai dengan kartu identitas yang resmi (KTP) dengan mengirimkan scanning kartu identitas yang masih berlaku. Hal ini penting karena akan menjamin tanggung jawab dan legalitas keanggotaan.

Di situs FN, terdapat banyak fasilitas buat anggota untuk mengembangkan bakat dan kemampuan di bidang fotografi, mulai dari forum diskusi, bedah foto, liputan acara & ajakan hunting bareng, tip n trik, sampai bursa fotografi buat mereka yang butuh barang baru/bekas dan mereka yang punya bakat bisnis fotografi. Salah satu hal di FN yang merupakan ajang unjuk kebolehan fotografi adalah adanya fasilitas galery, disini kita bisa upload foto karya asli kita (jangan karya orang lain..!!!), dan kita juga bisa komentar atau memberi penilaian pada hasil foto orang lain. Galery ini bukan ajang untuk pamer atau menyombongkan hasil karya kita atau jenis gear yang kita punya, melainkan ajang saling koreksi dan menilai, karena sebagus-bagusnya kita nilai foto yang kita punya, belum tentu bagus dimata orang lain, begitu juga sebaliknya.

Terkadang beberapa masukan hanya bersifat memuji dengan komentar-komentar pujian seperti.."keren..., ajibb..., mantapp..., baguss...dll", ini adalah wujud apresiasi mereka terhadap foto kita, tapi ada beberapa komentar yang bersifat mengkritik atau memberikan saran membangun sesuai dengan pengalaman mereka di dunia fotografi. Komentar-komentar seperti inilah yang paling aku harapkan, karena bisa membangun dan mengkoreksi teknik dan kemampuan fotografiku sampai saat ini.

Bentuk penilaian atas foto kita tercermin dari nilai skor yang kita dapat setiap kali kita upload foto (5 point), komentar foto (1 point) , dan komentar atau penilaian orang lain pada foto kita (-2 sampai 4 point). Walaupun tidak menjadi penilaian mutlak bahwa member dengan point tinggi pasti jago motret, atau sebaliknya member dengan point rendah berarti memiliki kemampuan fotografi yang rendah juga. Buat au pribadi hal ini lebih dipengaruhi pada lamanya mereka menjadi member dan intensitas foto yang mereka upload setiap harinya, tentunya selain kualitas foto yang mereka hasilkan untuk menarik perhatian orang.
Point empat digit yang aku peroleh sampai hari ini, memiliki arti khusus buat aku, ibarat kuis, nilai ini merupakan nilai aman pertama, selanjutnya aku akan banyak berproses dengan waktu yang mungkin cukup lama untuk mencapai lima digit, enam digit dan seterusnya. Hal ini memberikan semangat dan koraksi bagaimana dan seperti apa foto yang bagus menurut orang lain.

Beberapa hasil fotoku di galery FN : ( lengkapnya bisa dilihat di sini )

Siluet & Roll

Topeng

Sarapan | Belajar Makro
Die Cast 1:64
Kepik

No comments:

Post a Comment