Saturday, August 3, 2013

Little People Concept With EOS-M

Litlle people concept adalah konsep foto sederhana dengan menjadikan objek berukuran kecil (umumnya berupaminiatur karakter tertentu/mainan) dengan mengatur komposisi sedemikian rupa dan menggunakan perbesaran foto mendekati 1:1 sehingga hasilnya seolah olah objek mainan mini tersebut benar-benar nyata, berintraksi dengan kondisi lingkungan disekitarnya.

Mungkin itu yang saya pahami dari definisi little people concept, sekedar penyimpulan dari melihat hasil foto dengan tema little people ( coba search di google buat image bertema "little people").

Kebetulan saat ini lagi libur jelang lebaran, mudik ke tempat mertua di Jatiwangi, manfaatin halaman yang luas, mainan yang bekel putri kecilku Raisha (2.5th) berupa beberapa lego karakter, sekaligus tes kamera mirrorless pertamaku, Canon EOS-M dan lensa EF-Canon 15-85mm/3.5-5.6 IS USM yang katanya rekomended karena memiliki kemampuan macro focus yang cukup bagus, selain keunggulan wide areanya yang cukup bagus. Saya akan coba bikin review detail kedua gear tersebut (kamera & lensa) beberapa hari kedepan.

"tolong...ngga bisa nyebrang...."

"Just for u...... my love"

Silaturahmi lebaran...

Foto silaturahmi diatas dengan FL 15mm

Kereta thomas berhenti karena ada banjir...

Romantise di padang ilalang...

Foto sebelumnya dengan FL 15mm, manfaatin sapu buat latar ilalang

Thomas berjalan pelan di titian jembatan, dipandu sang masinis

Foto Thomas di titian jembatan, FL 15mm, manfaating gagang sapu buat dijadikan jembatan

Lego perang cutton bud, sementara salah satu lego yang lain ditimbun cutton bud sama Raisha

Raisha serius main cutton bud sama lego, sekaligus tes focal leng 15mm, berasa lebar dan lega dengan cakupan wide yang hampir tanpa distorsi

Si cantik kecilku Raisha, zoom maksimal di 85mm, diambil dengan posisi yang sama pada saat motret foto sebelumnya

Semua foto sengaja hasil apa adanya, tanpa crop dan editing, sehingga apabila ada kekurangan dan kelebihannya bisa terlihat lebih jujur dan lebih mudah buat mengevaluasinya

Setting menggunakan AV (apeture priority) dengan angka apeture selalu di angka terbesar (F/3.5 di zoom 15mm, dan F/5.6 do zoom 85mm), metering menggunakan spot metering, ISO di set ISO 200, EV diturunkan -0.3 dikarenakan pencahayaan yang sudah terlalu terang. Foto diambil tanpa flash dan tripod, sekaligus mencoba tes kualitas IS (image Stabilizer) lensa, dan hasilnya cukup memuaskan.

Info Gear :
Camera : EOS-M 18mp
Lensa : Canon EF 15-85mm/3.5-5.6 IS USM
Lokasi : Jatiwangi

No comments:

Post a Comment